Setiap hari kita mendengar semua tentang pemasaran viral dalam banyak hal terutama di media sosial. Baik itu berupa format video dan konten viral baru, karena unik dan tidak biasa, maka akan menyebar dengan sangat cepat. Tapi apa sebenarnya itu konten viral yang kini digunakan juga dalam marketing (pemasaran)? Bagaimana suatu hal bisa menjadi viral?
Apakah karena produk viral atau iklan viral, kampanye viral, atau sekadar keberuntungan, yang secara acak membuat sesuatu menjadi besar? Meski banyak yang dimulai dengan ketidaksengajaan, namun sebuah konten pemasaran harus dibuat dan direncanakan dengan matang. Konten viral biasanya memiliki strategi viral yang dirancang dengan baik di belakangnya,
Tetapi viralitas, sebagian, juga karena keberuntungan, kreativitas, serta juga tentunya persiapan yang matang. Untuk memecah konsep ini sedikit lebih baik, berikut ini penjelasan mengenai definisi konsep ini, cara kerja kampanye viral, keuntungan atau manfaat dari sebuah pemasaran viral, serta cara membuat sesuatu menjadi viral.
Pengertian atau Definisi Viral Marketing
Viral Marketing adalah jenis pemasaran yang mampu membangkitkan minat dan potensi penjualan suatu merek atau produk melalui pesan yang menyebar seperti virus. Dengan kata lain, secara cepat, dan dari orang ke orang. Idenya adalah untuk menjadi pengguna sendiri yang memilih untuk berbagi konten. Karena kecepatan dan kemudahan untuk berbagi ini, maka jejaring sosial atau media sosial adalah habitat alami dari jenis pemasaran ini.
Contoh yang paling umum adalah pembuatan video yang emosional, mengejutkan, lucu, atau unik di YouTube, yang kemudian dibagikan di Facebook, Twitter, dan saluran lainnya. Ini membuat semua orang yang tidak mengetahui konten itu sebelumnya menjadi lebih aware dan selalunya akan terus menyebarkan konten yang sama kepada orang lain. Namun viralitas bisa menjadi pedang bermata dua. Penting untuk diingat bahwa dalam jenis kampanye ini, sebagian besar kontrol berada di tangan pengguna, dan ada risiko pesan dapat disalah artikan atau diparodikan. Di sisi lain, kampanye viral yang sukses dapat menghasilkan keajaiban untuk hasil merek Anda.
Manfaat dan Keuntungan Viral Marketing
Meskipun pemasaran viral memiliki beberapa cela karena ini adalah jenis pemasaran yang tidak biasa, namun metode ini juga memiliki lebih dari sekadar manfaat. Viral marketing sangat hemat biaya. Karena berbagi di media sosial bertindak sebagai pengganda kekuatan, hal ini dapat memberikan brand jangkauan yang luar biasa di seluruh rentang demografis yang luas. Jenis jangkauan yang tidak bisa ditandingi oleh iklan berbayar setidaknya tidak untuk brand yang tidak memiliki anggaran pemasaran yang banyak.
Terlebih lagi, karena konten viral dibagikan secara organik di antara sesama, konten tersebut memiliki kesan asli dan non-invasif. Konsumen tidak merasa seperti sedang dipasarkan atau mendapatkan penjualan yang sulit. Terlebih lagi, jika copy dari pemasaran Anda dianggap layak viral oleh pasar, itu dapat menghasilkan banyak kesan baik terhadap brand Anda. Meskipun kampanye viral Anda tidak menyinggung produk tertentu, hal itu dapat menciptakan jenis asosiasi positif yang mengubah prospek menjadi pelanggan.
Berikut hal- hal yang bisa Anda manfaatkan jika Anda menggunakan jenis marketing ini untuk membantu brand Anda :
Biaya rendah
Apa yang menjadi ciri kampanye viral adalah bahwa pengguna melakukan sebagian besar pekerjaan untuk brand, yang secara drastis mengurangi biaya penyebaran pemasaran konvensional. Bahkan brand tidak perlu lagi membeli ruang iklan atau media.
Potensi jangkauan yang bagus
Video viral di Internet memiliki kemampuan untuk menjangkau khalayak internasional yang sangat besar tanpa harus menginvestasikan banyak uang atau melakukan upaya ekstra apa pun. Karena itu, perusahaan kecil atau bahkan perorangan bisa menjadi sangat viral.
Tidak invasif
Dalam pemasaran viral, pengguna media sosial adalah orang yang mengambil keputusan untuk berpartisipasi dan berbagi konten, sehingga mengurangi kemungkinan brand akan dianggap invasif. Seperti ini, persepsi brand dan interaksi jauh lebih baik, dibandingkan dengan bentuk iklan yang lebih klasik.
Membantu membangun brand Anda
Pemasaran adalah bagian kreatif, makan membuat konten yang sangat luar biasa sehingga pengguna sendiri memutuskan untuk membagikannya yang karenanya akan membantu menciptakan hubungan pribadi dengan brand Anda. Tidak diragukan lagi, ini adalah alat yang sangat ampuh dalam hal branding dan kesadaran.
No comments:
Post a Comment